Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 1 - Method pada Unity

Unity C# Tutorial




Di Unity ada beberapa Method utama yang sering digunakan dalam pembuatan game, berikut adalah method-method C# unity.



Void Awake
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start(). 

contoh :
void Awake(){
                anim = GetComponent<Animator>();
                player = GameObject.Find("Player");
                partikel = enemy.GetComponent<ParticleSystem>();
                darahUtama = GetComponent<DarahUtama>();
}





Void Start
Void Start() hanya akan mengeksekusi listing program satu kali dan di awal saat program dijalankan. 

contoh :
void Start(){
                umur = 20;
                darahPemain = DarahUtama;
                Phi = 3.14159265;

}





Void Update
Void Update() akan mengeksekusi program per frame artinya akan terus mengeksekusi listing program selama program berjalan. Void Update() digunakan untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi.

contoh :
void Update(){
                time += Time.DeltaTime;
                Debug.Log("void update");
                if(darah <= 0) { Die();}
}





Void FixedUpdate
Memiliki fungsi yang sama dengan void Update(), perbedaannya void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate() lebih fokus ke perubahan fisik pada objek.

contoh : 
void FixedUpdate(){
                rigidbody.AddForce(Vector3.up);
}





Void LateUpdate
LateUpdate akan terlambat dieksekusi ketika program dijalankan, contoh yang paling sering digunakan adalah ketika camera mengikuti gerakan pemain.

contoh : 
void LateUpdate(){
                Vector3 targetCamPos = target.position + offset;
                transform.position = Vector3.Lerp (transform.position, targetCamPos, smoothing * Time.deltaTime);
}






Void OnGUI
OnGUI biasa digunakan pada Unity versi 4.5 kebawah, method ini digunakan untuk mengeksekusi perintah atau komponen GUI.

contoh :
void OnGUI(){
                GUI.Button(new Rect(10,10,100,20), "Tombol");
}





Tag : Basic
Back To Top