Di Unity ada beberapa Method utama yang sering digunakan dalam pembuatan game, berikut adalah method-method C# unity.
Void Awake
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start().
contoh :
void Awake(){
anim =
GetComponent<Animator>();
player
= GameObject.Find("Player");
partikel
= enemy.GetComponent<ParticleSystem>();
darahUtama
= GetComponent<DarahUtama>();
}
Void Start
Void Start() hanya akan mengeksekusi listing program satu kali dan di awal saat program dijalankan.
contoh :
void Start(){
umur =
20;
darahPemain
= DarahUtama;
Phi =
3.14159265;
}
Void Update
Void Update() akan mengeksekusi program per frame artinya akan terus mengeksekusi listing program selama program berjalan. Void Update() digunakan untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi.
contoh :
void Update(){
time +=
Time.DeltaTime;
Debug.Log("void
update");
if(darah
<= 0) { Die();}
}
Void FixedUpdate
Memiliki fungsi yang sama dengan void Update(), perbedaannya void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate() lebih fokus ke perubahan fisik pada objek.
contoh :
void FixedUpdate(){
rigidbody.AddForce(Vector3.up);
}
Void LateUpdate
LateUpdate akan terlambat dieksekusi ketika program dijalankan, contoh yang paling sering digunakan adalah ketika camera mengikuti gerakan pemain.
contoh :
void LateUpdate(){
Vector3
targetCamPos = target.position + offset;
transform.position
= Vector3.Lerp (transform.position, targetCamPos, smoothing * Time.deltaTime);
}
Void OnGUI
OnGUI biasa digunakan pada Unity versi 4.5 kebawah, method ini digunakan untuk mengeksekusi perintah atau komponen GUI.
contoh :
void OnGUI(){
GUI.Button(new
Rect(10,10,100,20), "Tombol");
}
Tag :
Basic