Tutorial basic ke 2, dijelaskan bagaimana cara membuat C#Script di unity dan menambahkannya ke objek game.
MULAI
Buat folder baru dan beri nama "Scripts", folder ini berguna untuk menyimpan kumpulan C# Script.
Di jendela project, klik kanan Assets - Create - Folder.
Hasilnya seperti gambar di atas.
Klik 2x folder "Scripts" untuk masuk ke dalam folder.
Di dalam folder "Scripts" klik kanan - create - C# Script dan langsung beri nama "Latihan".
Kemudian tambahkan script tadi ke objek "Main Camera" dengan cara Drag n Drop.
Jika sudah ditambahkan klik 2x Script "Latihan" di Folder Scripts, maka akan dibuka Editor MonoDevelop, dan akan ditampilkan listing program seperti gambar di atas.
Ubah Script Latihan menjadi seperti script di bawah :
A. Latihan.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class Latihan : MonoBehaviour {
void
Start () {
Debug.Log("Saya
Sedang Belajar C# Unity");
}
}
Jika sudah jalankan game dan lihat output pada jendela "Console".
SELESAI
Penjelasan Script Latihan.cs
using UnityEngine; dan using System.Collections;
Kedua baris program ini akan selalu ada, karena semua script atau perintah yang digunakan bersumber dari Library UnityEngine dan System.Collection.
public class Latihan
Adalah nama kelas dari script, ingat nama class harus sama dengan nama file C# Script yang ada di Folder "Scripts".
Debug.Log("Saya Sedang Belajar C# Unity")
Debug.Log digunakan untuk menghasilkan output berupa text atau angka, seperti contoh pada tutorial ini dicetak sebuah kalimat "Saya Sedang Belajar C# Unity".
Tag :
Basic