Pada tutorial kali ini momon akan menjelaskan 3 fungsi debug yaitu Debug.Log, Debug.DrawLine, Debug.DrawRay.
MULAI
1. Debug.Log
Secara sederhana digunakan untuk membuat output bisa berupa text, angka atau error. Buat sebuah script dan beri nama "LatihanDebug" kemudian berikan ke objek main camera.
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class LatihanDebug : MonoBehaviour {
int a =
1;
void
Start () {
Debug.Log("Latihan
Debug");
Debug.Log(1+1);
Debug.Log(a);
Debug.Log("Nilai
A adalah " + a);
}
}
Jalankan game, maka hasilnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Digunakan untuk membuat garis. sebagai contoh akan dibuat garis yang menghubungkan objek kotak dan bulat.
Tambahkan 2 objek yaitu Kotak dan Bola , atur posisi agar berjauhan. Kemudian Remake script "LatihanDebug" menjadi listing program dibawah :
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class LatihanDebug : MonoBehaviour {
public
Transform kotakPos;
public
Transform bolaPos;
void
Update () {
Debug.DrawLine(kotakPos.position,
bolaPos.position, Color.red);
}
}
Penjelasan :
Dideklarasikan terlebih dahulu posisi dari si kotak dan si bola dengan printah Transform(akan dibahas pada tutorial selanjutnya).
Kemudian dibuat garis luru dengan DrawLine(posisi awal, posisi tujuan, warna).
Klik Main Camera lihat jendela Inspektor - Latihan Debug (Script).
Tambahkan si Kotak ke kotak kosong yang ada di dalam script, tambahkan juga si Bola.
Jalankan game, maka akan terlihat garis berwarna merah yang dimulai dari posisi si Kotak ke posisi si Bola.
3. Debug.DrawRay
DrawRay digunakan untuk membuat garis lurus dari sebuah laser, laser ini digunakan untuk mendeteksi objek pada perintah Raycast(akan dipelajari pada tutorial selanjutnya).
Remake kembali script "LatihanDebug" dengan listing program berikut :
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class LatihanDebug : MonoBehaviour {
public
Transform kotakPos;
void
Update () {
Vector3
forward = kotakPos.TransformDirection(Vector3.forward) * 10;
Debug.DrawRay(kotakPos.position,
forward, Color.red);
}
}
Penjelasan :
Dideklarasikan posisi si Kotak , nantinya posisi si Kotak adalah posisi awal dari laser.
Kemudian dibuat Vector3 forward yang menujukkan arah dari laser adalah lurus ke depan. Dengan perintah DrawRay (posisi awal, arah tujuan, warna) maka dibuat sebuah laser.
Masukkan kembali objek siKotak ke kotak kosong di dalam script.
Jalankan game, maka akan terlihat laser dari posisi si Kotak.
SELESAI
Tag :
Basic