Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 20 - GetMouseButton


GetMouseButton adalah salah satu user input yang menggunakan mouse sebagai media inputan, berbeda dengan inputan lain, GetMouseButton hanya terbatas pada tombol-tombol yang ada pada mouse.

3 Tombol utama yaitu :
- Klik kiri : kode (0)
- Klik kanan : kode (1)
- Center : Kode (2)

GetMouseButton  memiliki 3 kondisi, yaitu :
GetMouseButton , ketika tombol terus ditekan
GetMouseButtonDown , kondisi 1x tekan
GetMouseButtonUp , kondisi ketika jari diangkat dari tombol.



MULAI
Contoh paling sederhana adalah ketika :
- Klik kiri ditekan 1x : Output "Kiri - Tekan 1x"
- Klik kanan ditekan terus : "Kanan - Tekan Terus"
- Jari diangkat : "Center - Jari diangkat".

Pertama buat sebuah C# Script, beri nama "LatihanGetMouse" dan berikan ke objek Main Camera.

Buka script dan masukkan listing program berikut :

A. LatihanGetMouse.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class LatihanGetMouse : MonoBehaviour {

                void Update () {
                                if(Input.GetMouseButtonDown(0)){
                                                Debug.Log("Kiri - Tekan 1x");
                                }
                               
                                if(Input.GetMouseButton(1)){
                                                Debug.Log("Kanan - Tekan Terus");
                                }
                               
                                if(Input.GetMouseButtonUp(2)){
                                                Debug.Log("Center - Jari diangkat");
                                }
                }

}


Jalankan game dan coba klik 1x klik kiri, kemudian tekan beberapa saat klik kanan dan tekan 1x center kemudian lepas penekanan.



Hasilnya seperti gambar di atas.



SELESAI



Tag : Basic
Back To Top