Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 7 - Logika Percabangan






Percabangan secara sederhana adalah suatu titik yang memiliki banyak pilihan atau kondisi.

Contoh : Seorang pemuda yang baru lulus SMA dia memiliki 2 pilihan demi kesuksesan hidupnya, pilihan pertama adalah melanjutkan kuliah dan pilihan kedua adalah Bisnis atau Usaha.

Setiap kondisi yang dipilih akan menghasilkan keadaan yang berbeda dan memiliki syarat yang berbeda pula.

Nah jika si pemuda memilih kuliah maka syaratnya adalah mendaftarkan diri ke Universitas. Jika memilih usaha maka syaratnya adalah harus adanya investasi atau modal awal.




MULAI

1. IF - ELSE IF
Buat sebuah C# Script, beri nama "Percabangan" dan tambahkan script tersebut ke Objek "Main Camera".

A. Percabangan.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Percabangan : MonoBehaviour {

                int nilai = 88;
               
                void Start(){
                                if(nilai > 80){
                                                Debug.Log("Nilai A");
                                }else if(nilai > 60 && nilai <= 80){
                                                Debug.Log("Nilai B");
                                }else if(nilai > 40 && nilai <= 60){
                                                Debug.Log("Nilai C");
                                }else{
                                                Debug.Log("Nilai D");
                                }
                }
               

}


Penjelasan :
Pertama variabel "nilai" bertipe integer diberi nilai 88, kemudian di method Start() terjadi sebuah kondisi jika :

nilai lebih besar dari 80 maka nilai adalah A.
nilai dibawah 40 maka nilai adalah D.

Sudah bisa ditebak, output yang dihasilkan adalah "Nilai A".






2. SWITCH - CASE
Buat sebuah script baru atau remake script Percabangan.cs.

B. Percabangan.cs
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Percabangan : MonoBehaviour {

                int angka = 2;
               
                void Start(){
                               
                                switch (angka) {
                                                case 1:
                                                                Debug.Log("Tahu");
                                                break;
                                               
                                                case 2:
                                                                Debug.Log("Ayam Goreng");
                                                break;
                                               
                                                case 3:
                                                                Debug.Log("Sate Kambing");
                                                break;
                                               
                                                default :
                                                                Debug.Log("Jus Jeruk");
                                                break;
                                }
                               
                }
               
}


Penjelasan :
Pertama variabel "angka" diberi nilai 2. Kemudian di void Start() terjadi sebuah kondisi dimana jika :

angka sama dengan 2 maka output yang dihasilkan adalah "Ayam Goreng".
angka lebih besar dari 3 atau tidak ada di dalam pilihan, maka output adalah "Jus Jeruk".


Dan output yang dihasilkan adalah "Ayam Goreng".


SELESAI

Tag : Basic
Back To Top